Neymar Atau Kylian Mbappe? Ketika Harga Pemain Makin Gila

Neymar dan Mbappe di ambang menjadi pemain termahal sejagat di musim panas ini, namun dengan harga yang tidak masuk akal. Tidak sampai dua dekade yang lalu, ketika sepakbola masih berkiblat ke Italia, Inter Milan membuat heboh dunia sepakbola setelah berhasil menggabungkan dua striker paling masyhur kala itu, Ronaldo dan Christian Vieri.

Menariknya, Inter berani memboyong kedua predator kotak penalti itu lewat rekor transfer dunia. Ronaldo didatangkan pada musim panas 1997 dengan banderol £19,5 juta, sementara Vieri menyusul ke Giuseppe Meazza dua tahun berselang senilai £32 juta (€49 juta).

Semua tahu seperti apa akhir cerita dari duet Ronaldo-Vieri ini. Ya, investasi besar Nerazzurri tersebut tidak mendapat imbas hasil yang menggembirkan, sangat mengecewakan malah. Keduanya jarang main bareng lantaran Ronaldo dibekap cedera lutut parah. Sementara Inter tidak meraih satu pun gelar dalam periode itu.

Kisah Ronaldo-Vieri tersebut memberikan pelajaran bahwa rekor transfer dunia memiliki risiko tinggi. Namun hal tersebut tidak menghalangi klub-klub lain untuk terus membeli pemain berlabel “yang termahal sejagat” di tahun-tahun berikut, tentu saja melibatkan uang yang kian lama kian tak masuk akal.

Di musim panas ini — hanya berselang setahun setelah Manchester United terlihat pandir dengan membeli pemain buangannya sendiri, Paul Pogba, lewat rekor dunia senilai €105 juta — bursa transfer bisa berada pada level yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Penyebabnya adalah potensi kepindahan Neymar dan Kylian Mbappe, penyerang milik Barcelona dan AS Monaco. Jika di tahun-tahun sebelumnya, harga pemain termahal di dunia mengalami peningkatan secara wajar, maka di musim panas ini penjualan Neymar dan Mbappe bisa membuat banderol Pogba, Cristiano Ronaldo, Zinedine Zidane, apalagi Vieri dan Ronaldo, terlihat amat kerdil.

Agen Judi Bola Terpercaya
author

Author: 

Leave a Reply